Tips Memilih Sepeda Anak Yang Murah dan Berkualitas

Halo Ayah dan Bunda, kali ini kami akan berbagi tentang memilih sepeda anak murah dan berkualitas yang bisa didapatkan di pasaran. Sepeda murah dan berkualitas diimpor dari negara RRC. Seperti yang Ayah dan Bunda ketahui, produk RRC sejak tahun 2000 membanjiri pasar di Indonesia. Mulai dari produk tekstil, produk elektronik, produk mesin, termasuk produk sepeda. Produk RRC tidak melulu jelek lho, banyak produk RRC yang bagus, contohnya hp Xiaomi, hp Lenovo, dll. Tapi, saya akan membahas produk RRC untuk sepeda anak yang murah di Kudus. Bagaimana sepeda ukuran 12 inchi, sepeda ukuran 16 inchi, dan sepeda ukuran 18 inchi yang murah banyak terdapat di pasaran.

RRC sebagai negara industri berusaha mengisi segmentasi harga dari semua produk di dunia. Di Indonesia, segmentasi sepeda RRC berada pada kisaran 300 ribu hingga 500 ribu rupiah. Sepeda premium RRC (yang saya yakini juga ada) tidak mampu bersaing dengan sepeda dalam negeri berkualitas ekspor seperti sepeda United, dan Polygon dengan harga 700 ribu – 1000 jutaan rupiah. Karena pasar dalam negeri untuk sepeda berkualitas ekspor sudah dikuasai kedua merk tersebut.

Sebenarnya apa perbedaan sepeda murah dengan sepeda mahal? Kata orang Jawa, Jer Basuki Mawa Bea, yang artinya kenikmatan itu ada harganya. Atau bahasa Jawa ngoko nya, ono rego ono rupo yang artinya ada harga, ada kualitas. Jadi, harga sepeda berbanding lurus dengan kualitas. Kualitas sepeda pada frame (ragangan), pada grup set nya, pada ban luar dan ban dalamnya, pada handle bar (stang) nya, pada pedal nya, pada saddle nya, pada roda bantu nya, pada rantainya, dll. Jadi, setiap komponen sepeda anak yang bagus, berkualitas ekspor itu memiliki harga lebih mahal daripada sepeda anak buatan RRC.

Istilah sepeda mahal tidak tepat bila disandingkan dengan sepeda anak United dan Polygon. Karena dari awal komponen sepeda nya memang berkualitas. Sepeda dengan garansi frame 5 tahun ini sangat kokoh di rakit dan menggunakan komponen yang tahan lama. Misalnya, ban luar dan ban dalam. Sepeda anak United dan sepeda anak Polygon menggunakan ban buatan dalam negeri berkualitas bagus. Biasanya ban dari merk United, ban merk Deli (sub merk Swallow), dan ban merk Luckystone (sub merk Goodyear). Ban jenis ini memiliki ketahanan lebih lama dan lebih lentur daripada ban bawaan sepeda RRC. Ban bawaan sepeda RRC tergolong kaku, susah dibentuk, lebih mudah sobek, dan tidak bisa ditambal. Artinya kalau rusak ya dibuang. Sayang sekali ya.

Lantas, apa kami sebagai salah satu toko sepeda juga menjual sepeda anak murah di Kudus? Ya, karena masyarakat di Kudus masih mencari sepeda anak murah made in China. Kendala yang kerap muncul dan tidak disadari Ayah dan Bunda yang sedang mencari sepeda ada pada:

1. Kualitas ban dalam

2. Kualitas perakit sepeda

Pertama, ban dalam anak murah SERINGKALI bocor. Walau ada teknik menambal ban dalam yakni dengan lem, sehingga ban terlihat kuat terisi udara, setidaknya sepeda tersebut sudah terbeli konsumen dan kemudian kempes bila mengalami goncangan, namun kami TIDAK LAKUKAN TEKNIK CURANG INI. Kami memilih mengganti ban dalam dengan ban dalam yang baru dari salah 1 merk di atas. Dengan berat hati kami menjual sepeda yang sudah diganti ban dalam nya dengan harga lebih tinggi. Beruntung bagi kami apabila ada sepeda anak RRC yang dari awal memiliki kualitas ban dalam yang cukup walaupun tidak terbaik.

Kedua, tenaga perakit yang asal pasang. Sepeda anak murah RRC apabila dipasang dengan “baik” akan lebih lama dirakit nya daripada sepeda RRC dewasa. Banyak pembeli toko lain yang melakukan penyetelan ulang sepeda nya sehingga TANPA DISADARI pembeli lebih banyak mengeluarkan uang, waktu, dan tenaga.

Tips memilih sepeda anak berdasarkan keaktifan karakter nya

Dalam memilih sepeda anak, lebih baik Ayah dan Bunda menyesuaikan karakter anak. Apabila si anak memiliki tipe berhati-hati dan cenderung halus, Ayah dan Bunda dapat memilihkan sepeda RRC termurah. Sepeda ini sudah cukup bagi si anak untuk berlatih sepeda di dalam rumah. Kadang, saking halus anak, mereka memilih menuntun sepeda tersebut sebelum benar-benar berani menaikinya. Ayah Bunda sebaiknya memberikan motivasi bagi nya agar anak memiliki jiwa pemberani dan pantang menyerah.

Apabila si anak bertipe cukup aktif, senang menjatuhkan sepeda, senang menabrakkan sepeda ke dinding, maka lebih baik membeli sepeda anak pabrikan frame lokal. Karena sepeda lokal ini sudah cukup awet digunakan, contohnya merk Pegasus. Sepeda anak Pegasus adalah satu-satunya pabrik sepeda di Jawa Timur yang masih bertahan di era disruptif ini. Sepeda Pegasus menjual sepedanya dengan harga medium (tengah-tengah). Kualitas frame, ban dalam dan ban luar, cakep rem, dan roda bantu nya lebih baik daripada sepeda anak RRC.

Bagi anak dengan karakter anak aktif, senang bermain, senang bereksperimen misalnya memiringkan sepeda kemudian memutar roda nya, senang membalik sepeda, menabrakkan sepeda ke dinding untuk mengetahui reaksi nya, melakukan trik sepeda sederhana seperti mengangkat roda depan dari pelataran rumah ke teras, maka sepeda murah sangat tidak dianjurkan karena dapat kami pastikan bahwa Ayah dan Bunda akan mengeluarkan uang, waktu, dan tenaga untuk melakukan servis terus menerus. Kami sarankan membeli sepeda anak merk United dan sepeda anak merk Polygon. Bahkan apabila Ayah dan Bunda ingin anak memiliki hobi positif, Ayah Bunda bisa mengajarinya anak sepeda push bike Thrill yang sedang booming di Jakarta. Sepeda Push Bike adalah sepeda tanpa pedal yang meluncur dari kemiringan tertentu untuk beradu kecepatan dan bila momentum kecepatannya menurun dibantu dengan dorongan kaki di lantai. Orangtua yang membelikan biasanya menginginkan agar si anak memiliki keberanian dan berprestasi dalam bidang non-akademik.

Tinggalkan Balasan