Tips Memilih Sepeda Listrik

Sepeda listrik adalah sepeda yang yang memiliki motor pada roda belakangnya yang berputar karena adanya tenaga listrik yang bersumber dari baterai. Sepeda listrik ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi. Sepeda listrik didesain menggunakan kecepatan yang terbatas demi menjaga keselamatan pengendara, yang umumnya masih remaja dan ibu-ibu rumah tangga yang jarang menggunakan sepeda motor. Berbeda dengan motor listrik yang didesain untuk kecepatan yang cukup tinggi. Sepeda listrik membutuhkan waktu charge yang tergolong cukup cepat sekitar 4-8 jam tergantung sisa listrik di dalam baterai. Jadi, ketika malam hari, sepeda listrik dapat diisi untuk dapat digunakan esok harinya.

Sayangnya sepeda listrik kesayangan tidak berakhir bahagia ketika mengalami kerusakan. Ketika dibawa ke dealer yang menjual, umumnya mereka tidak memiliki suku cadang (spareparts). Dealer menganggap suku cadang semua sepeda listrik ini sama, padahal tiap sepeda listrik memiliki kekhususan masing-masing terutama pada soket dan kontroller nya. Apabila ini terjadi, maka persiapkan diri Anda untuk mencari hunting suku cadang sepeda listrik melalui internet dan mencari bengkel yang bersedia melakukan servis pada bidang yang belum banyak digelutinya.

Bila Anda sedang mencari sepeda listrik yang memiliki purnajual yang memuaskan, tanyakan beberapa pertanyaan kepada dealer tersebut :

  1. Garansi apa saja yang diberikan sepeda listrik merk X ini? Berapa bulan untuk masing-masing baterai, charger, motor, dan frame (ragangan) sepeda ?
  2. Suku cadang sepeda listrik apa saja yang dimiliki toko? Apakah termasuk kontroller, baterai, lampu sein, lampu depan, dll?
  3. Bagaimana bila terjadi kerusakan baterai sebelum garansi habis masa berlakunya? Apakah langsung dapat diganti toko tanpa menunggu distributor?
  4. Bagaimana bila kerusakan tidak mampu ditangani mekanik toko? Apakah toko akan membantu reparasi sepeda listrik kepada distributornya?

Pertanyaan di atas merupakan sebagian kecil pertanyaan yang muncul ketika banyak orang mengeluh kesulitan melakukan reparasi sepeda listrik yang dimilikinya. Biasanya karena alasan dulu mencari sepeda listrik dengan harga paling murah dan menggangap suku cadang sepeda listrik itu sama. Bagian yang sama persis kemungkinan besar adalah baterai. Jadi, sebagai pembeli Anda bisa cukup lega. Namun, bila kerusakannya pada bagian controller nya, maka Anda harus bersiap-siap melakukan percarian suku cadang apabila toko yang menjual sepeda tersebut tidak kehabisan suku cadangnya. Controller ialah seperangkat alat elektronik yang didesain untuk membagi kelistrikan pada sebuah sepeda listrik; pada bagian throttle / speed grip (gas), pada bagian lampu depan, pada bagian alarm, pada bagian motor, pada bagian baterai, pada bagian sign (lampu belakang). Controller ini dibuat menyesuaikan merk sepeda listrik sehingga setiap sepeda listrik memiliki jalur elektronik yang berbeda. Kesalahan pada pemasangan dapat mengakibatkan korsleting dan memperburuk kerusakan sepeda lisrik.Sepeda listrik dan servis sepeda listrik (merk yang sama) merupakan satu kesatuan yang sebaiknya Anda pikirkan ketika membeli sepeda listrik. Karena jarang sekali sebuah toko berkenan memperbaiki sepeda listrik dengan merk berbeda, kecuali pada kerusakan seperti mengganti ban dalam, mengganti ban luar, dan perbaikan pada crank set (ontelan), gir belakang atau rantai yang aus (yang tidak berhubungan dengan kelistrikan). Jadi, selamat mencari sepeda listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *